Basically no one who try to be the one soon.

Jumat, 15 Januari 2016

A retreat

Jadi, 4 minggu liburan yang diberikan ITB, dapat dipergunakan oleh asri hadiyanti giastuti dengan produkti. Gils.

Minggu pertama isinya liburan keluarga dan minggu kedua adalah masa-masa gua menghabiskan waktu untuk tidak melakukan apa apa di rumah (katanya produktif).

Dan minggu ketiga dan keempat betul-betul terencana dengan baik.

There wasn't anything more pleasant than having a plan for the rest of my holiday.

(Pap bukunya (soon))
#abaikan tahun 2015 nya

Setelah banyak tawaran ngajar, akhirnya untuk pertama kalinya gua dapet ngajar non-smansa di SMAN 4 Bekasi. Ternyata modal gua ngajar selama ini masih kurang. Kalo smansa kan ya gitu-gitu aja dan gua punya kuasa. Di situ berasa banget kalo jadi pengajar harus bisa sabar hadepin berbagai murid. Jadi, ceritanya disana itu ada anak lemot banget, sampai ya harus tahan jelasin pelan-pelan dan muter otak gimana caranya penjelasan dari otak gua bisa masuk ke mereka.

Untungnya alhamdulillah dapet anaknya yang rame. Mereka antusias banget dan gua sendiri jadi banyak cerita tentang gua ke mereka. Lucunya lagi, pas hari terakhir gua ngajar pas udah terakhiir banget tinggal bahas 10 soal lagi, mati lampu. Dimatiin sih lampunya sama penjaganya gara-gara udah jam 6 dan hari sabtu. Nah loh panik kan gua hahaha. Dengan pura-pura tenang gua bilang, "yaudah sekarang kumpulin aja kertasnya, terus kita beres-beres." Kayanya sih tetep aja ketauan gua takut jadinya sampai ada yang bilang, "ka, kaka takut ya?" Kan sial hahaha. Mana sekolahnya emang serem lagi. Terus ya padahal gua udah bikin kata-kata bagus tuh buat motivasi ceritanya dan membuat image terakhir yang bagus (btw, pas hari pertama ngajar nama gua di google sama mereka haha). Terus buyar semua gara-gara mati lampu.

Abis itu ketemu Ganeshout terus katanya asrinya galak. Maaf atuh emang mood nya lagi jelek.

Senin nya ngajar Smansa lagi dan panik karena mereka ketinggalan banget (ya Tuhan bantu dan lancarkan usaha mereka ya). Karena ini beneran sayang banget sama tahun ini. Malu juga kan setelah gua, belum pernah tembus nasional lagi pft.

Selasa nya berangkat ke Semarang buat ngajar di SMA Semesta Semarang. Jadi, mereka lagi bikin Camp Pasiad dimana anak-anak Pasiad dari mana mana dikumpulin. Ada yang dari Bandung, Depok, dll. Terus makin panik lagi kepikiran Smansa gara-gara mereka terlihat sangat pro. Gua sebenernya agak ga ngerti sih mereka dikasih film yang gua aja pas nonton tidur dan film itu pas gua tayangin ke smansa juga mereka pada tidur. Nah ini anak-anak disini bisa ketawa. Pas hari terakhir ngajar, moody nya keluar lagi dan bete gitu tapi ternyata pas diakhir mereka menjadi anak-anak yang cukup kooperatif.

Yang gua sadari disini adalah ya emang kalo belajar itu cuma mentok sampai jam 12. Lebih dari itu pasti ngantuk dan udah gaada yang masuk. Mau ga mau harus bisa cari cara ngajar yang kreatif. Dan ujung-ujungnya presentasi (maaf ya kalo kalian bosen).

Gua sendiri jadi lebih menghargai guru-guru gua hahaha. Gua sadar ya ini emang pekerjaan yang ga gampang. Dan sakitnya itu kalo kita udah nerangin banyak sampai suara serak mulut ngebusa dkk, anak-anaknya tidur. Terus pas tes mereka bilang susah lah, terus jawabannya salah-salah. Padahal kan aku udah terangin kemaren, adik-adik:(.

Belum lagi kalo di smansa masalahnya yang kemaren ga masuk dan hari ini nya masuk. Gua kan bingung, masa iya gua mesti terangin yang kemaren lagi. Di luar kalo lagi ngajarin, jujur gua paling ga suka kalo harus ngoming hal yang sama dua kali.

Oiya terus ini terjadi juga di Ganeshout dimana orang-orang ga fokus. Jelas-jelas nomor peserta udah gua tulis di papan. Masih banyak juga yang salah. Aduh de.

Tapi jelas ini pengalaman banget sih. Dan ternyata geografi nyandu. Ngajar juga nyandu. Meskipun cape lahir batin nya ga nahan ya sepadan lah sama pengalaman (dan bayaran) nya.

Itu aja sih.
Oiya satu lagi. Mulai semester 2, Asri bakal berusaha buat ga tidur di kelas kok, Pak, Bu :) .


Salam,

17.41
Asrama SMA Semesta Semarang


09.41
Posted in : Bandara Ahmad Yani, Semarang
Besok ke bandung, lusa kuliah lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar